Berita

Soal Peniadaan Mudik Lebaran, Menag RI: Menjaga Kesehatan Hukumnya Wajib

Senin, 19 April 2021 - 18:39
Soal Peniadaan Mudik Lebaran, Menag RI: Menjaga Kesehatan Hukumnya Wajib Menag Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Instagram Gus Menag)

TIMES POSO, JAKARTA – Menteri Agama (Menag RI) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan bahwa keputusan pemerintah untuk meniadakan mudik Lebaran tahun 2021 merupakan bagian dari upaya untuk melindungi masyarakat dari pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikannya dalam keterangan pers usai mengikuti Rapat Terbatas mengenai penanganan pandemi Covid-19 jelang Idulfitri 1442 Hijriah, yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (19/04/2021).

“Jadi larangan mudik ini lebih ditekankan karena kita semua, pemerintah terutama, ini ingin melindungi diri kita dan seluruh warga negara ini agar terjaga dari penularan Covid-19,” ujar Menag.

Menag menyampaikan, menjaga kesehatan diri, menjaga keluarga, dan lingkungan sekitar hukumnya adalah wajib. Tidak ada tuntunan dalam agama untuk mengejar hal yang sunah tapi meninggalkan yang wajib.

“Kita memiliki dasar, mudik itu paling banter hukumnya adalah sunah, sementara menjaga kesehatan diri kita, menjaga kesehatan keluarga, menjaga kesehatan lingkungan kita itu adalah wajib. Jadi jangan sampai apa yang wajib itu digugurkan oleh yang sunah,” ucapnya.

Lebih lanjut Menag menyampaikan, pelaksanaan ibadah sunah Ramadan yang dilakukan di masjid atau musala diperbolehkan dengan tetap mengedepankan keselamatan.

“Ibadah-ibadah sunnah di bulan Ramadan, seperti salat tarawih, itikaf, diperbolehkan tetapi dengan pembatasan 50 persen dari kapasitas masjid atau musala. Itu pun hanya bisa dilakukan di zona hijau dan zona kuning, untuk (zona) merah dan oranye tetap tidak ada pelonggaran,” kata Menag RI. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Poso just now

Welcome to TIMES Poso

TIMES Poso is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.