Berita

Sepekan, Cak Udin Bagikan 15 Ton Beras di 34 Desa Terdampak Gempa Malang

Senin, 19 April 2021 - 15:59
Sepekan, Cak Udin Bagikan 15 Ton Beras di 34 Desa Terdampak Gempa Malang Relawan Cak Udin saat membagikan bantuan sembako kepada warga terdampak gempa. (Foto: Dok. Relawan Cak Udin for TIMES Indonesia)

TIMES POSO, MALANG – Dalam kurun waktu tujuh hari, Relawan Cak Udin (M Hasanuddin Wahid)  telah membagikan bantuan sosial total 15 ton beras kepada warga terdampak gempa Malang yang tersebar di 34 desa se-Kabupaten Malang.

Tak hanya beras, hingga saat ini data internal Relawan Cak Udin mencatat ada 15 ribu bungkus mie instan, 3.000 kg telur, 3000 liter minyak goreng, ratusan terpal, puluhan asbes dan uang tunai.

bantuan sembako malang 2

"Semua bantuan diterima langsung warga terdampak gempa Malang tanpa perantara. Kami berkomitmen akan terus turun ke masyarakat menyebarkan bantuan dan ikut membantu motivasi sebagai trauma healing kepada korban," kata Anggota DPR RI F-PKB Dapil Malang Raya itu, Senin (19/4/2021).

Cak Udin melalui Relawan internalnya menyisir korban gempa di kawasan Kabupaten Malang Selatan dan Timur. Dari 34 desa itu, terbagi di 8 kecamatan yakni Dampit, Sumawe, Ampelgading, Tirtoyudo, Bantur, Tumpang, Poncokusumo dan Turen.

Desa-desa setidaknya yang terdampak bencana alam gempa bumi berkekuatan M 6,1 pada Sabtu (10/4/2021) lalu. Bencana ini memakan korban jiwa, luka-luka, rumah rusak, lembaga pendidikan rusak, tempat ibadah rusak dan lainnya.

"Kami tidak hanya menyentuh warga terdampak di Malang Selatan. Tapi seluruhnya kami sentuh dan berikan bantuan sosial sesuai kebutuhan dan kemampuan," kata Cak Udin.

Sekjen DPP PKB itu menegaskan, kegiatan sosial kemanusiaan ini dilakukan secara gotong royong yang melibatkan para relawan internal. Sejak awal terjadinya bencana yakni pada Sabtu lalu, para Relawan Cak Udin langsung ikut terjun lapangan.

bantuan sembako malang 3

Mereka membantu para korban yang rumahnya terdampak gempa bumi. Kawasan Malang Selatan dengan tiga kecamatan yakni Tirtoyudo, Ampelgading, dan Dampit adalah kecamatan terdampak yang paling parah.

"Saat itu juga tim kami langsung gerak cepat ikut membantu warga dengan bantuan apa saja yang bisa dilakukan. Keesokan harinya, kami dari Jakarta langsung bertolak ke Malang," jelasnya.

Ia meminta para relawan bergerak membantu evakuasi para korban bencana. Relawan juga membangun dapur umum serta posko darurat bencana yang bisa digunakan warga untuk menginap sementara.

Pada Senin (12/4/2021), Cak Udin turun langsung menyapa para korban di lokasi bencana. Malam itu dia melakukan safari ke rumah-rumah warga terdampak, sekaligus membawa bantuan sosial.

Cak Udin juga memberikan motivasi kepada warga terdampak. Dukungan moral itu diberikan lantaran banyak warga yang mengalami shock usai insiden gempa bumi.

Ia bersama tim relawan menghabiskan waktu malam dengan safari sekaligus sahur bersama warga terdampak di Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Kabupaten Malang. Upaya ini kata Cak Udin dilakukan sebagai kedekatan dirinya kepada warga.

"Saat ini, bantuan sosial sudah kami lakukan. Yang terpenting ke depan adalah selain membangun fisik, kita juga perlu membangun kembali mental mereka. Trauma itu pasti, apalagi anak-anak yang perlu hiburan," kata Cak Udin.

Sementara itu, salah satu Relawan Cak Udin, Fachrur Rozi mengungkapkan bahwa masyarakat di wilayahnya yakni Kecamatan Tumpang ada pilihan yang terdata mengalami kerusakan fisik rumah akibat gempa.

"Yang paling parah itu dinding rumah roboh. Ada 15 lebih warga yang sudah kami salurkan bantuan langsung. Alhamdulillah mereka senang dan ucap terimakasih sudah dibantu," terangnya.

Cak Udin berkomitmen akan terus hadir menyapa masyarakat dan ikut mengkampanyekan gerakan peduli sesama. Bencana gempa Malang ini adalah panggilan baginya untuk all out membantu masyarakat Kabupaten Malang yang membutuhkan. (*)

Pewarta : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Poso just now

Welcome to TIMES Poso

TIMES Poso is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.