Ekonomi

Kebijakan PPnBM 0 Persen, Kalla Toyota Optimis Bisa Dongkrak Penjualan

Senin, 15 Maret 2021 - 22:37
Kebijakan PPnBM 0 Persen, Kalla Toyota Optimis Bisa Dongkrak Penjualan Marketing Manager Kalla Toyota Mifta Farid S Putra bersama Kepala Cabang Kalla Toyota Palu II, Ruly Adinatha saat menggelar siaran pers, Senin, (15/3/2021). (FOTO: Syarifah Latowa/TIMES Indonesia)

TIMES POSO, PALUKalla Toyota semakin percaya diri bakal mencatat tren yang lebih baik pada Maret 2021 dengan adanya kebijakan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) 0%.

“Relaksasi PPnBM 0% membuat harga mobil turun hingga puluhan juta rupiah. Melalui kebijakan tersebut, Kalla Toyota pun optimis bisa mendongkrak penjualan unit pada Maret 2021 ini,” kata Kepala Cabang Kalla Toyota Palu II, Ruly Adinatha saat menggelar siaran pers, Senin (15/3/2021).

Adapun tipe/model yang terkena relaksasi adalah kendaraan sedan dan kendaraan station wagon penggerak 4x2 dengan kapasitas mesin sampai dengan 1.500 cc dan komponen lokal minimal 70%.

“Khusus mobil Toyota, tipe Avanza, Rush, Yaris, Sienta, dan Vios menjadi deretan yang termasuk dalam program ini,” ujarnya.

Menurut dia, kisaran penurunan harga rata-rata adalah Avanza Rp14 jutaan, Rush Rp18 jutaan, Yaris Rp20 jutaan, Sienta Rp22 jutaan, dan Vios Rp62 jutaan.

“Untuk tipe Toyota Agya dan Calya tidak termasuk dalam relaksasi ini. Kendaraaan Agya-Calya adalah kendaraan LCGC (Low Cost Green Car). PPnBM LCGC sudah 0% sejak diperkenalkan pertama kali,” ungkapnya.

Kalla Toyota a

Ia menjelaskan, adapun mekanisme penghitungan nilai PPnBM tidak menggunakan harga on the road yang berlaku di Cabang Toyota, melainkan menggunakan harga dasar acuan manufacture/ATPM.

Selanjutnya, pemotongan subsidi/insentif PPnBM mengurangi harga on the road yang berlaku di seluruh Cabang Kalla Toyota.

Ia mengungkapkan pemerintah memberikan kebijakan insentif/subsidi PPnBM sepanjang tahun 2021 dibagi tiga tahap, yaitu insentif/subsidi 100% (masa pajak Maret-Mei), insentif/subsidi 50% (masa pajak Juni-Agustus), dan insentif/subsidi 25% (masa pajak September-Desember).

“Adapun tujuan kebijakan ini adalah untuk meningkatkan daya beli masyarakat di sektor industri kendaraan bermotor guna mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” terangnya.

Marketing Manager Kalla Toyota Mifta Farid S Putra menambahkan, Kalla Toyota juga menghadirkan program bertajuk “PPnBM 0% Saatnya Beli Toyota”. Angsuran yang ditawarkan mulai dari Rp2 jutaan dan spesial rate mulai 1,99 persen.

Kalla Toyota juga memberikan perlindungan berupa free asuransi selama setahun serta paket perawatan kendaraan berupa free jasa dan part hingga 50.000 km.

Kalla Toyota b

“Pelanggan setia Kalla Toyota Palu juga berkesempatan mendapatkan free compliment Covid-19, free welcome pack, aksesoris, free voucher body paint/coating, hingga program trade-in dengan subsidi jutaan rupiah,” ujarnya.

Ada pula program untuk tipe Toyota Avanza dengan angsuran mulai Rp3 jutaan dan Toyota Sienta dengan angsuran mulai Rp5 jutaan.

Selain itu, Kalla Toyota kembali menghadirkan Paket Serbu pada layanan purna jual bulan ini. Seluruh  pelanggan setia Kalla Toyota yang tersebar di wilayah Sulteng, Sulsel, Sulbar, dan Sultra bisa menikmatinya. Paket Serbu bisa didapatkan dengan harga Rp699.000-an. Hemat Hingga 30%.

Paket Serbu dikhususkan bagi kendaraan tipe Toyota Agya, Calya, Avanza, dan Rush yang berumur di atas empat tahun atau jarak tempuhnya sudah melebihi 80.000 km. Pelanggan akan mendapatkan layanan servis berkala dengan item, seperti TMO Lubricant Gasoline Engine Oil, saringan oli , gasket engine oil, dan cabin disinfectant.

Kata dia, berbagai program menarik lainnya juga bisa didapatkan dalam Customer Gathering Online Kalla Toyota yang digelar tiap pekan. Pertemuan virtual ini hadir dengan tujuan untuk menyapa pelanggan setia Kalla Toyota yang tersebar di wilayah Sulteng, Sulbar, Sultra, dan Sulsel. Program ini telah digelar sebanyak 39 kali dengan tema menarik yang berbeda-beda.

Ia juga menyampaikan saat ini Kalla Toyota terus mencatat tren penjualan yang positif. Per periode Januari-Februari 2021, Kalla Toyota berhasil meraih market share  29,48 persen atau dengan jumlah 2.235 unit mobil yang terjual di seluruh area penjualannya di Sulawesi.

“Khusus di Sulawesi Tengah, Kalla Toyota saat ini memimpin pasar dengan market share 37% atau dengan jumlah 407 unit mobil yang telah terjual,” kata Marketing Manager Kalla Toyota, Mifta Farid S Putra, saat menggelar siaran pers di Kota Palu, Senin, (15/3/2021).

Dengan adanya relaksasi PPnBM 0%, kata dia, Kalla Toyota pun semakin optimis bisa mendongkrak penjualan unit pada Maret 2021 ini. Lewat kesempatan itu, Ia mengajak masyarakat Sulawesi Tengah untuk memanfaatkan program PPnBM 0%. “PPnBM 0% Saatnya Beli Toyota,” serunya. (*) 

Pewarta : Syarifah Latowa
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Poso just now

Welcome to TIMES Poso

TIMES Poso is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.