https://poso.times.co.id/
Gaya Hidup

Tak Hanya Kiblat, Ini Film Horor Berkedok Religi yang Sempat Tayang 

Selasa, 26 Maret 2024 - 11:06
Tak Hanya Kiblat, Ini Film Horor Berkedok Religi yang Sempat Tayang  Poster film horor Pemandi Jenazah

TIMES POSO, JAKARTA – Kiblat, film horor yang sedang ramai diperdebatkan. Film ini bahkan dilarang tayang oleh MUI karena menyesatkan hingga bisa membuat orang takut menjalankan ibadah. 

Sebelumnya Leo Pictures sudah menarik media promosi film Kiblat, termasuk poster yang dinilai menyesatkan. 

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah Cholil Nafis dengan tegas meminta film ini dilarang tayang, sebab termasuk kampanye hitam terhadap ajaran agama khususnya Islam. 

Pada teaser yang sempat dirilis, ada adegan mengerikan saat seseorang melaksanakan salat. Ada juga adegan saat azan dikumandangkan, mendadak seluruh penduduk seperti kesurupan. 

Sayang hingga kini belum ada keputusan resmi dari rumah produksi apakah film Kiblat tetap dirilis atau tidak.

Di tengah gaduhnya film Kiblat, sebenarnya masih banyak film horor Indonesia yang mengangkat agama Islam, namun malah membuat orang takut beribadah. 

1. Makmum

Makmum.jpg

Dalam agama islam, makmum merupakan jemaah solat yang berbaris di belakang imam. 

Film horor yang dibintangi Titi Kamal ini mengisahkan kehidupan di sebuah asrama. Ada makhluk yang kerap menganggu orang yang tengah salat. Mahkluk itu disebut makmum. Banyak penghuni asrama yang mengaku ada 'makmum' yang ikut salat. 

2. Khanzab

Khanzab adalah nama jin penganggu saat salat. Film Khanzab mengisahkan seorang perempuan bernama Rahayu yang selalu mengalami kesulitan berkonsentrasi saat salat. Mulai dari lupa bacaan, hingga lupa jumlah rekaat.

Tak itu saja, ia kerap mengalami serangkaian teror yang berkaitan dengan masa lalu keluarganya. Diketahui, dulu sang ayaha adalah seorang dukun santet. Ayah Rahayu dibakar hidup-hidup oleh warga yang marah dengan profesinya. 

Rahayu menngalami trauma berkepanjangan dan memutuskan untuk pindah ke daerah lain. Di tempat yang baru itulah ia sering diganggu oleh jin khanzab. 

3. Waktu Maghrib

Maghrib salah satu waktu untuk menjalankan salat. Maghrib juga merupakan peralihan waktu, dari siang ke malam. 

Dalam tradisi, waktu maghrib merupakan jam genting, di mana anak-anak harus sudah pulang ke rumah. Begitupun dalam ajaran islam, saat maghrib dianjurkan tidak berkeliaran di luar, dan menutup rapat semua pintu dan jendela. Dipercaya, saat maghrib banyk jin yang akan menganggu. 

Horornya film ini adalah jin yang meneror anak-anak yang belum pulang ke rumah saat maghrib. 

4. Qorin

Qori juga film horor berkedok religi dengan menggunakan atribut Islam. Ceritanya mengambil latar di sebuah pesantren putri. 

Sebagaimana [esantren pada umumnya, banyak kegiatan ibadah yang dilakukan, termasuk mengaji dan salat. 

Namun lagi-lagi para santri diteror oleh makhluk ghaib yang sulit ditaklukkan bahkan oleh kiainya sendiri. Teror itu dimulai dai aksi Yolanda, santri baru yang bisa memanggil jin qorin atau jin pendamping. 

5. Munkar

Munkar.jpg

Lagi-lagi di pesantren terjadi teror seram. Kali ini film berjudul munkar. 

Berkisah tentang arwah sanriwati yang ingin balas dendam. Namun ia melakukannya secara brutal, hingga hamppir seluruh penghuni pesantren menjadi korban arwah itu.

Padahal dalam Islam tidak ada yang namanya arwah gentayangan bahkan yang ingin balas dendam. Seseorang yang telah meninggal dunia arwahnya berada di alam barzah, bukan gentayangan. 

6. Sijjin

Film horor berkedok religi selanjutnya ada Sijjin. Film ini diadaptasi dari serial Turki. 

Mengisahkan tentang santet darah yang membuat seluruh keluarga meninggal dengan cara yang tragis. 

Banyak adegan salat yang justru bikin kita ketakutan. 

7. Pemandi Jenazah

Film Pemandi Jenazah tayang pada akhir Februari 2024 kemarin. Seperti judulnya, film horor ini mengisahkan profesi pemandi jenazah yang dilakukan oleh Lela dan ibunya. 

Sayang ibuny meninggal dengan cara yang tidak wajar. Lela pun memandikan jenazah ibunya dan menemukan fakta mencengangkan. Ia pun menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi pada ibunya. 

Dalam pencarian itu, Lela justru mendapat teror bertubi-tubi. Film horor ini dibintangi oleh Aghniny Haque. (*)

 

Pewarta : Dhina Chahyanti
Editor : Dhina Chahyanti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Poso just now

Welcome to TIMES Poso

TIMES Poso is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.