https://poso.times.co.id/
Gaya Hidup

JKSN feat RA5PUTIN Rilis Single Religi “Kesaksian” Bernuansa Rock

Senin, 12 April 2021 - 23:58
JKSN feat RA5PUTIN Rilis Single Religi “Kesaksian” Bernuansa Rock Joksin dan personil RA5PUTIN pose bersama produser single. (FOTO: Dok Joksin)

TIMES POSO, PALU – Memasuki bulan Ramadan, JKSN feat RA5PUTIN launching single religi berjudul “Kesaksian” bernuansa musik rock. Single ini dirilis pada Sabtu, (10/4/2021) di Sangumanagement yang terletak di Jalan Bantilan, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Joksin (vokalis) mengatakan dirinya sangat senang bisa terlibat dalam proyek ini. Apalagi Ia bisa berkolaborasi dengan Grup Band RA5PUTIN salah satu band Palu yang beraliran Metal underground di akhir tahun 90an.

“Saya sangat senang bisa bekerjasama dengan mereka. Bertemu dengan mereka adalah jalan yang diberikan Tuhan untuk menyampaikan dakwah tentang kebaikan lewat metode musik,” ujarnya.

Ia memilih judul “Kesaksian” karena lagu itu punya nilai sangat kuat baginya. Sesuai dengan pengalaman keimanan dan spiritual yang Ia jalani.

Joksin-dan-personil-RA5PUTIN-2.jpg

“Lirik lagu ini melantunkan tauhid. Kami mengagungkan nama Tuhan dan berdakwah tentang kebaikan dengan cara kita dengan musik rock. Kita ambil musik rock, karena selama ini banyak yang mengidentikan penggemar rock dengan sesuatu hal yang kurang baik. Mereka hanya melihat dari sisi penampilannya saja. Padahal melalui musik rock kita bisa menyampaikan dakwah kebaikan,” ujar Joksin yang juga sebagai penulis lirik single “Kesaksian”.

Dalam proses produksi, #JKSN dan RA5PUTIN Band ini dibantu oleh produser Arman Aco dibawah naungan Sangumanagement. Arman Aco inilah yang membuat konsep ide cerita dalam proses pembuatan video klip.

Arman Aco atau yang lebih dikenal dengan sapaan Aco ini mengungkapkan dirinya bersama Joksin dan personil RA5PUTIN sangat bergembira lagu ini dibuat spesial untuk menyambut bulan ramadan bulan yang penuh berkah ini. 

Menurut dia, proses produksi lagu “Kesaksian” ini hanya memakan waktu tujuh hari mulai dari proses recording hingga lagu ini dirilis pada Sabtu 10 April 2021 malam. 

“Dari tujuh hari produksi lagu itu, empat harinya eksekusi di tempat recording, masteringnya satu hari, pengambilan gambar satu hari, selebihnya waktu kami habiskan berdiskusi,” jelas Aco.

Joksin-dan-personil-RA5PUTIN-3.jpg

“Sebenarnya yang membuat konsep ide cerita dalam video klip ini adalah om Arman, saya hanya menerjemahkan ide cerita lagu itu dari komunikasi dengan om Arman dan kita diskusikan bersama dengan yang lainnya. Jadi kami tidak membuatnya sendiri-sendiri. Semuanya dikerjakan bersama sehingga tidak ada yang rumit kami kerjakan,” sambung Kuku.

Aco kembali menambahkan, target ke depan Ia berharap single “Kesaksian” ini bisa diterima diluar sana dan bisa memantik semangat para musisi yang ada di Kota Palu untuk terus berkarya meskipun saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Ibenk (gitaris) mengungkapkan RA5PUTIN terbentuk diakhir tahun 90an saat itu musik rock mengalami banyak perkembangan. Sehingga dibentuklah satu band yang beraliran Metal underground dengan ciri khas kostum dan topeng.

“Semenjak RA5PUTIN ini terbentuk arahnya memang musik aliran metal sampai sekarang pun masih tetap sama,” jelasnya.

Tahun 2003, kata dia, RA5PUTIN mulai membuat karya sendri dengan modal sendiri buat recording. Kemudian memasarkan karya itu lewat jalur independen

 “Semuanya dikerjakan secara manual termasuk covernya yang prosesnya masih disablon,” kisahnya.

Joksin atau JKSN dan Personil RA5PUTIN berharap Pemerintah Kota Palu dapat mendukung musisi-musisi di Palu untuk terus melahirkan karya terbaik. Salah satunya menyediakan satu Gedung Seni yang layak yang bisa dijadikan tempat para musisi untuk membuat karya-karya terbaik. (*)

Pewarta : Syarifah Latowa
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Poso just now

Welcome to TIMES Poso

TIMES Poso is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.