Wisata

Pemkab Lombok Barat Siapkan Festival Harmoni Lombok Barat 2021, Catat Tanggalnya

Sabtu, 20 Maret 2021 - 21:38
Pemkab Lombok Barat Siapkan Festival Harmoni Lombok Barat 2021, Catat Tanggalnya Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat Saepul Akhkam. (Foto: Dispar Lombok Barat)

TIMES POSO, LOMBOK BARAT – Dalam rangka mengangkat kunjungan wisatawan, Pemkab Lombok Barat melalui Dinas Pariwisata (Dispar) akan menggelar Festival Harmoni Lombok Barat 2021, dalam waktu dekat ini.

Kepala Seksi Promosi dan Atraksi Bidang Pemasaran Dispar Lombok Barat, Cecillia Umi Kuswandani mengatakan, Festival Harmoni Lombok Barat akan dimulai dengan parade tarian daerah yang akan menampilkan 63 pemain musik tradisional, terdiri dari pemain Gendang Beleq beserta pengiringnya dan 63 penari gandrung. 

Festival Harmoni Lombok Barat 2Parade Gendang Beleq akan meramaikan Festival Harmoni Lombok Barat 2021. (Foto: Dispar Lombok Barat)

"Angka 63 sengaja kami pilih sebagai simbol menyambut HUT Kabupaten Lombok Barat ke-63 tahun 2021 ini,” ungkap Cecillia Umi Kuswandani, di Lombok Barat, Sabtu (20/3/2021).

Cecilia menyebutkan, parade tarian daerah  akan dilaksanakan di Taman Narmada pada tanggal 27 Maret mendatang. Kegiatan ini juga akan diramaikan dengan pameran foto dari para peserta Lomba Phonegraphy.

Festival Harmoni Lombok Barat kemudian akan dilanjutkan di kawasan wisata Senggigi. Dalam penyelenggaraannya dilaksanakan bersama beberapa pihak hotel yang ada di Senggigi.

“Untuk tanggal 3 April kita akan menampilkan mini orkestra, musik akustik, dan musik tradisional. Itu kita laksanakan di Hotel Montana Premier. Sedangkan di tanggal 10 April itu kita laksanakan di Hotel Jayakarta. Kita rencananya akan menampilkan aneka permainan tradisional seperti tari batek baris, tari barong tengkok, fire dance, dan lainnya,” paparnya.

Adaptasi Kebiasaan Baru

Festival Harmoni Lombok Barat 363 Penari Gandrung siap ditampilkan dalam Festival Harmoni Lombok Barat 2021. (Foto: Dispar Lombok Barat)

Sementara, Kepala Dispar Lombok Barat Saepul Akhkam berharap, adanya agenda promosi pariwisata di tahun 2021 akan dapat mampu memberikan suntikan semangat bagi para pelaku pariwisata dalam menjalan usaha dan berujung pada pemulihan ekonomi di Lombok Barat dan nasional.

“Event wisata yang telah tersusun sepanjang tahun 2021 itu tersebar di semua destinasi untuk kita perkenalkan kepada masyarakat luar, bahwa Lombok Barat tidak hanya Senggigi, tidak hanya Sekotong, tidak hanya Narmada. Namun kita juga memiliki desa-desa unggulan untuk kepariwisataan,” jelas Akhkam.

Karena masih dalam kondisi pandemi global Covid-19, kata Akhkam, penyelenggaraan Festival Harmoni Lombok Barat akan  diselenggarakan dengan konsep kenormalan baru. 

Pemerintah daerah juga akan menyediakan sejumlah fasilitas untuk mencuci tangan, meminta pengunjung menjaga jarak dan mengharuskan pengunjung menggunakan masker.

"Pandemi Covid-19 tak seharusnya menjadi penghalang untuk terus berkreasi dan bergerak. Festival Harmoni Lombok Barat 2021 ini dilaksanakan dengan adaptasi kebiasaan baru, mematuhi protokol kesehatan, agar terhindar dari virus corona," ucap Akhkam. (*)
 

Pewarta : Anugrah Dany Septono
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Poso just now

Welcome to TIMES Poso

TIMES Poso is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.